Buscar

Page

Tentang Boneka Kokeshi

picture from http://athia-tia.blogspot.com/

Kokeshi dikenal di jepang sejak zaman edo. kira-kira pada tahun 1603-1867 hmm sudah lama sekali bukan? 
kokeshi ini disebut dento kokeshi atau kokeshi tradisional. setelah perang dunia kedua pada tahun 1940-an, kokeshi mulai dibuat souvenir atau cenderamata. mulanya kokeshi dibuat oleh para kijiya atau pengrajin daerah pemandian air panas. biasanya daerah ini terletak di pegunungan. para kijiya membuat mangkuk, baki, dan berbagai alat rumah tangga lainnya dari kayu bubut. suatu ketika, mereka mempunyai ide untuk membuat boneka. soalnya banyak turis yang berkunjung ke pemandian air panas. biasanya para turis membawa oleh-oleh untuk anak-anaknya. nahh.. karena itulah para kijiya membuat kokeshi! kokeshi yang banyak  dijumpai sekarang disebut juga singata kokeshi atau kokeshi bentuk baru. ada pula sosaku kokeshi yang harganya sangat mahal karena merupakan karya para seniman.
Kokeshi adalah boneka kayu khas Jepang yang menggambarkan sosok gadis Jepang. Ciri khas khusus boneka ini adalah badan yang berbentuk silinder dengan kepala yang bulat di atasnya, serta tak adanya tangan dan kaki.
Seiring dengan pertumbuhan ekonomi setelah Perang Dunia II, hingga saat ini kokeshi juga masih tetap populer, penggemarnya pun sangat banyak terutama  para kolektor. Karena bentuknya yang kecil, imut dan lucu (seperti aku) sehingga banyak penggemarnya, boneka Kokeshi tidak hanya dijual di Tohoku sebagai souvenir di tempat wisata. Sekarang sering dijumpai di Shingata Kokeshi (kokeshi baru), sementara kokeshi klasik dikenal sebagai Dento Kokeshi (kokeshi tradisional) . Kreativitas kokeshi itulah yang menggambarkan kreativitas seniman pembuatnya.

Nama Sesuai Tempat Asal

boneka kokeshi hanya terdiri dari kepala dan tubuh. meskipun begitu, kokeshi banyak macamnya. kokeshi tradisional memiliki 11 tipe, anatara lain:

1. Tsuchiyu



2. Togatta



3. Yajiro



4. Naruko


5. Sakunami



6. Yamagata


7. Kijiyama


8. Nanbu



9. Tsugaru

10. Hijiori

Nama- nama itu ternyata diberikan sesuai daerah asal masing-masing. Misalnya kokeshi Tsuchiyu berasal dari pemandian air panas Tsuchiyu. Kokhesi Togatta berasal dari pemandian air panas Togatta. Dari bentuk dan coraknya, tiap kokeshi memiliki ciri khas tersendiri.

Kokeshi ternyata tidak hanya sebagai boneka, tetapi para pengrajin sudah memodifikasinya menjadi mainan seperti gasing, mobil-mobilan, kereta-keretaan, kuda-kudaan dan lain lain. Mainan kokeshi ini sudah dibuat oleh para pengrajin dari Tohoku sejak dulu. Boneka kokeshi ternyata juga bisa dijadikan Hina Ningyo, yaitu festival boneka perayaan anak perempuan berbagai aksesoris boneka berupa lentera, mas kawin, dan lain lain juga dibuat dari kayu.

Biasanya kokeshi ini terbuat dari bahan kayu keras (dogwood) dan kayu pohon Sakura. Bahan kayu tersebut ditaruh pada sumbu silinder mesin bubut (seperti pembuatan keramik), sambil berputar sedikit-sedikit kayunya terkikis. Kemudian setelah bentuknya sempurna, barulah dilukis rambut, mata, hidung pada bagian kepala dan wajah, lalu digambar baju kimono pada bagian tubuhnya dengan cat warna-warni. Teknik ini dinamakan sebagai teknik profesi seniman yang diteruskan secara turun temurun dari seorang master hingga anak didiknya



    Secara formal, boneka ini dibuat dengan bentuk anthromorphic (bisa tinggi dan elegan, ataupun pendek dan lucu),yang menunjukkan bakat rakyat Jepang dalam hal seni dekorasi dan seni pahat dengan bentuk manusia – yang semua dilakukan menggunakan alat-alat yang sederhana.
 Bentuk dan penampilan boneka ini dipadu dengan inovasi seni kontemporer.
Misalnya boneka Oshin (babysitter), yang menjadikan koseshi tidak semata-mata boneka, namun juga sebagai sebuah tanda  tentang sejarah yang dialami Jepang
Macam-macam kokeshi yang ada di Jepang dibagi  menjadi:
 1.   Dento (mewakili boneka tradisional)
2.    Sosaku (boneka dengan bentuk yang lebih kreatif).
Dari segi pembuatan ada beberapa macam :
1 Buatan tangan
2 MetodePabrika
3 Pola Dekorasi

nah..
kalo yang ini yang menurutku kokeshi modern yang imut banget!


Kokeshi Keluarga

Kokeshi Ngerumpi >.<

Kokeshi ber-Yukata merah

Kokeshi ber-Kimono biru

Sumber:
http://nabilasyalalala.blogspot.com/2012/02/boneka-kokeshi.html
http://japanzone-bluesky.blogspot.com/2011/11/boneka-kokeshi.html

tweet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...