Buscar

Page

Gin No Saji (Silver Spoon) [Review]

Ya!, kali ini ane akan membahas tentang Gin No Saji atau manga yang sudah ditranslatekan ke bahasa Indonesia berjudul Silver Spoon. Gin no Saji merupakan karya dari  Hiromu Arakawa yang sebelumnya membuat manga Fullmetal Alchemist.

Menurut ane, manga ini unik karena mengambil tema tentang sekolah pertanian di Yezo Agricultural High School di Hokkaido (jarang-jarang kan manga mengambil tema ini, atau ane aja yang gak pernah baca^ ^;).Manga ini bercerita tentang kehidupan si pemeran utama, Yugo Hachiken yang bingung menentukan masa depannya. Di saat teman-temannya memiliki tujuan/keinginan menjadi apa (alias cita-cita) justru hanya Hachiken-lah yang masih bingung.

Nah, ternyata ini semua ada hubungannya dengan ayahnya Hachiken. Hubungannya dengan orang tuanya sepertinya agak buruk sehingga Hachiken memutuskan untuk sekolah yang jauh dari rumahnya dan tentu saja yang ada asramanya (karena ingin menghindari ayahnya^^). Berdasarkan hal itu,guru smp Hachiken merekomendasikan sekolah Yezo ini. Maka dimulailah kehidupan menarik Hachiken.

Yugo Hachiken adalah murid yang pintar, dia sanggup membaca buku dan menghafalnya dengan cepat.Lucunya ketika ia sudah berjuang mati-matian untuk mempelajari buku "animal husbandary" ternyata bukunya malah gak dipake dan gurunya mengganti buku pelajaran baru XD.

Hachiken yang biasanya hanya duduk belajar, sekarang mesti kerja fisik. Entah itu ikut klub, mengurus hewan, dan banyak lainnya. Hachiken mendapatkan banyak pelajaran di sekolah ini (termasuk ane^^). Hachiken juga bertemu teman-teman yang berbagai macam sifat dan kebiasaan yang kocak dan tentu pula dengan cinta (psst, Hachiken jatuh cinta). Kemudian cerita kocak Hachiken ketika berinteraksi dengan hewan. hahahahaha,,, pokoknya ngakak... XD

Terus, bagaimana kah kelanjutannya? apakah Hachiken akan menemukan apa yang ingin dilakukannya? silahkan beli komiknya atau baca manga scannya gan^^,, Untuk manga scan saat ini sudah mencapai chapter 44 (update 4 juli 2012). Sensei Hiromu emang pinter banget memainkan suasana. Apalagi komedi khasnya yang hampir mirip dengan Fullmetal Alchemist^^. Wah kocak deh pokokonya, ane recommend manga ini buat kalian.Disamping itu kita mendapatkan pengetahuan di manga ini.

Ini dia gan pemainnya:

pict from http://gallery.minitokyo.net/view/56699

1. Yugo Hachiken
Dia pemeran utama di sini, setelah gagal ujian masuk dari SMA pilihannya, dia memutuskan untuk masuk ke sekolah Yezo. Dia tidak bisa menolak permintaan orang lain yang membutuhkannya, terkadang temannya merasa sebal dengan sikapnya ini. Tetapi karena kebaikannya inilah makanya dia disukai teman-temannya :D.

2. Aki Mikage
Aki Mikage adalah teman sekelas Hachiken dan juga orang yang disukai Hachiken^^. Dia dan Hachiken sama-sama dalam klub yang sama, yaitu klub berkuda. Keluarganya mempunyai peternakan sapi dan kuda yang akan diwariskan ke ke Aki karena dia pewaris satu-satunya. Sebeanrnya Aki ingin menjadi (apa ya sebutannya?- -") atlit berkuda, yah pokoknya begitu namanya XD. Kepribadiannya ceria dan terkadang dia salah paham atau salah dengar tentang Hachiken berpacaran dengan seseorang. Kalo sudah begitu, barang yang dipegan Aki pasti jatuh dan terdiam. (entah karena suka pada Hachiken ato...)

3. Ichiro Komaba
Ichiro merupakan salah satu teman dekat Hachiken. Ichiro bercita-cita menjadi pemain Baseball hingga ke Koshien dan menjadi pemain profesional sambil mengurus peternakan sapi milik keluarganya sehingga dapat membantu mencukupi kehidupan keluarganya. Ayah Ichiro sudah meninggal, sehingga sebagai anak pertama dia merasa bertanggung jawab atas mengurus peternakan itu, da juga sedih ketika memikirkan ibunya harus mengurus sendirian (wah, anak yang baik ya^^). Ichiro Komaba tinggal dekat dengan Aki Mikage dan berteman dengannya dari kecil. Sehingga terkadang Hachiken merasa ada hubungan "sesuatu" antara mereka. Eits, tunggu dulu, biar kata Komaba bertetanggaan dengan Aki sebenarnya jaraknya sangat jauh dan di kelilingi hutan (maklumlah pedalaman^^;)

4. Shinnosuke Aikawa
Aikawa juga merupakan teman sekelas Hachiken dan cukup dekat dengannya. Aikawa bercita-cita menjadi seorang dokter hewan. Karena itu dia berusaha keras menggapai cita-citanya itu. Tapi menjadi seorang dokter hewan tidaklah mudah, karena harus menyiapkan mental. Yak, mental membunuh hewan (kalo ane gak tega, makanya gak bisa jadi dokter hewan)

5. Tamako Inada
Tamako juga teman sekelas Hachken. Namanya terkadang diplesetkan menjadi "tamago=telur" yah itu karena memang dia anak yang gembul (termasuk yang nulis^^;) dan termasuk anak orang kaya. Karena orang tuanya memiliki perusahaan besar yang mengelola hasil pertanian dan perternakan menjadi sesuatu. Bahkan ambisi Tamako adalah menguasai perusahaan ayahnya dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.. wkwkwkwk... Lucunya ketika liburan musim panas, Tamako terkena serangan jantung dan mengharuskan dia menurunkan berat badan. Ketika masuk sekolah, teman-temannya pada kaget melihat Tamako menjadi cantik dan langsing. Tokiwa yang tidak menyadari bahwa itu Tamako, jatuh cinta padanya.. wkwkwkwk... Tapi tak lama setelah itu badan Tamako kembali seperti sedia kala (ya ampun.. sayang banget^^;) wkwkwkwk...

6. Keiji Tokiwa
Teman dekat Hachiken ini kocak banget. Dia mengalami kesulitan belajar matematika dan meminta bantuan Hachiken yang sampai ngotot mengajarinya namun hasilnya tidak memuaskan.. wkwkwk.. Tokiwa juga sering terlibat masalah yang membuatnya mesti dihukum piket bersih-bersih. Ada kejadian ketika Tokiwa salah paham dengan percakapan Hachiken dan Yoshino Mayumi. Dia kira Hachiken menghamili Yoshino dan akan bertanggung jawab atasnya (padahal bukan itu XD) lalu kemudian berkembanglah gosip (yang tentu saja salah) tentang hubungan Hachiken dan Yoshino.. wkwkwkwk... Tokiwa, Tokiwa.. kocak banget kamu... XD

7. Yoshino Mayumi
Yoshino tertarik dengan keju. Ketika dia, Hachiken, Aki menemukan ruang tersembunyi tempat penyimpanan keju milik pak Nakajima, dia langsung mendesak pak Nakajima untuk meminta keju terbaik dengan ancaman akan memberitahu ruangan rahasia ini... wkwkwk.. ekspresi pak Nakajima seperti dewa yang sedang marah.. di chapter selanjutnya pun Yoshino mengambil keju lagi dari pak Nakajima.. XD

Sejak keluarnya volume pertama, Silver Spoon diterima dengan baik oleh pembaca dan para kritikus. 330.000 kopian edisi pertama telah habis dalam 3 hari dan pada Desember 2011 lebih dari jutaan kopi dicetak. Silver Spoon ini juga telah memenangkan 5th Manga Taisho award. Wowwwww.. sugeeeeee...

Anime Silver Spoon


Isu yang terbaru dari majakah Da Vinci mengatakan bahwa akan datang anime yang diadaptasi dari komik seri Hiromu Arakawa, Gin no Saji (Silver Spoon). Selain itu, volume manga edisi terbatas ketiga akan mencakup sendok perak yang sebenarnya - yang akan dirilis April 18. Waaahhh,, patut ditunggu nih!!!! XD



Sumber: 
http://www.moetron.com/2012/03/26/gin-no-saji-anime-project-announced/
http://en.wikipedia.org/wiki/Silver_Spoon_%28manga%29

tweet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...