Buscar

Page

9 Hal Menarik Tentang Hari Jum'at

Bagi sebagian orang, hari jum'at merupakan hari yang dianggap keramat alias hari dimana kita tidak boleh bertindak macam-macam atau hari yang seram, dll. Tapi hari jum'at juga merupakan hari terpendek dalam seminggu kita dalam melakukan aktifitas bekerja. Yah, biasanya pulang kerja sore hari tetapi khusus hari jum'at pulangnya jam 11 siang. Itu pun hanya berlaku untuk sebagian orang :D


Dibalik itu semua ternyata dalam islam, hari jum'at memiliki arti tersendiri. Simak deh penjelasan berikut ini:

1. Hari jum'at merupakan hari terbaik dalam sepekan
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu diriwayatkan, Nabi SAW bersabda, "sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi pada hari jum'at." (HR Muslim)

2. Larangan berpuasa
Rasulullah bersabda, "sesungguhnya jum'at adalah hari raya, maka janganlah kalian menjadikan hari raya sebagai hari puasa kalian. Kecuali kalau kalian berpuasa sebelum atau sesudahnya." (HR Ahmad dengan isnad shahih)

3. Membaca surat As-Sajadah dan Al-Insaan pada shalat shubuh
Biasanya Nabi membaca surat As-Sajadah pada rakaat pertama, dan Al-Insaan pada rakaat ke-2. Tapi hal ini tidak dilakukan terus-menerus untuk menghindari salah paham di antara umatnya. (HR Al-Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, dan Ad-Darimi)

4. Bersegera Menuju Shalat Jum'at
"Barang siapa mandi janabat pada jum'at kemudian menuju shalat jum'at disaat pertama, maka seolah-olah dia berkorban seekor unta, dan barang siapa pergi disaat kedua seolah-olah berkurban seekor sapi, dan barang siapa pergi disaat ke-3 maka seolah-olah berkurban seekor kambing, dan barang siapa pergi disaat ke-4, seolah-olah berkurban seekor ayam, dan barang siapa pergi disaat ke-5, seolah-olah berkurban sebutir telur. Maka apabila imam telah keluar, para malaikat datang mendengarkan khutbah." (HR Bukhari)

5. Memperbanyak shalawat kepada Nabi
Sabda Rasulullah, "perbanyaklah shalawat untukku pada jum'at dan malam jum'at. Karena barang siapa bershalawat untukku dengan 1 shalawat, niscaya Allah akan bershalawat untuknya 10 kali." (HR Al-Baihaqi)

6. Membaca surat Al-kahfi
"Barang siapa membaca surat Al-kahfi pada jum'at niscaya (Allah) meneranginya di antara 2 jum'at." (HR Al-Baihaqi). Adapun membaca surat yaasin khusus malam jum'at, sama sekali tidak memiliki dasar yang shahih dan tidak pernah dicontohkan Nabi beserta para sahabat.

7. Tanda khusnul khotimah
Diantara tanda khusnul khotimah adalah meninggal pada jum'at atau malamnya. Nabi bersabda,"Tidaklah diantara seorang muslim yang meninggal pada jum'at atau malam jum'at kecuali Allah memeliharanya dari fitnah kubur." (HR Ahmad)

8. Penghapus Dosa
Rasulullah bersabda,"Barang siapa berwudhu kemudian membaguskan wudhunya, lalu mendatangi jum'at, lalu mendengarkan dan diam, niscaya diampuni (dosanya) antara jum'at itu dengan jum'at yang lain, dan ditambah 3 hari." (HR Muslim)

9. Pahala berlipat-lipat
Sabda Nabi,"Barang siapa mengumpuli istrinya pada jum'at, dan dia mandi kemudian bersegera datang di waktu pagi, berjalan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan serta tidak berbuat sia-sia, pada setiap 1 langkah dia mendapatkan keutamaan amalan setahun pahala puasa, dan shlatnya." (HR Abu Dawud)

Subhanallah, wallahu'alam

berbagai sumber

tweet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...