picture from tipstrikseoblogger.blogspot.com |
1. Sebelum memilih-milih warna anda harus mengetahui pembuatan warna. Anda harus dapat membedakan antara hue, lightness, saturation juga warna primer, komplementer, monokrom dan psikologi warna.
2. Mengetahui target/audience yang akan menggunakankarya anda. Apakah audience anda anak balita, remaja, dewasa atau usia lanjut, laki-laki atau perempuan. Sehingga anda tinggal mencocokkan dengan warna dengan psikologi yang diinginkan.
3. Jika anda telah memilih warna tertentu, bukan berarti warna lain tidak bisa dipakai. Yang harus anda perhatikan jangan sampai warna lain tersebut mengalahkan kekuatan warna yang anda pilih.
4. Sebelum Mendesain, sebaiknya tentukan dahulu warna latar belakang. Karena warna background akan dilihat/dirasakan pertama kali. Warna background disini berupa blok warna atau gambar monokrom.
5. Keuntungan background gelap yaitu dapat diberi efek cahaya/flare. Keuntungan background putih dapat diberi efek bayangan.
6. Sebelum memilih warna yang berbeda jenis/hue, lebih mudah pilih warna monokrom yang berbeda gelap terang (lightness) atau cerah pudar (tint) nya. Terlalu banyak perbedaan warna hue, seperti warna pelangi, akan sulit mengaturnya, dibanding 2 warna tapi dengan variasi gelap terang (lightness).
7. Terlalu banyak warna hue dan lightness akan mengakibatkan kontras yang berlebihan. Hanya sedikit batas antara kontras dan kacau (chaos).
8. Tentukan/batasi warna utama hanya 2 atau 3 warna hue saja. Hitam dan putih jangan dianggap sebagai warna karena fungsinya adalah sebagai cahaya (lightness).
9 Desain menggunakan 4 warna bisa menguras waktu dan tenaga. Desain menggunakan 5 warna adalah terlalu sulit, akan memeras pikiran dan resiko gagalnya pun tinggi. Bayangkan saja anda mempunyai 5 pegawai dan 2 pegawai, tentu akan lebih mudah mengatur sedikit pegawai, dengan banyak pegawai bisa-bisa kantor anda tidak efisien sehingga bisa menimbulkan demo unjuk rasa (chaos).
10. Jika anda belum berani bereksperimen dengan warna atau ingin belajar menahan diri, gunakan warna akromatik/grayscale. Ini akan menghindari dari masalah clash atau chaos. Juga akan menghemat ongkos produksi lebih dari 60%. Anda bisa lebih leluasa dengan kaidah desain yang lain seperti irama, fokus, komunitas, keseimbangan, dll.
11. Alam adalah contoh yang baik untuk mendapatkan kombinsi warna yang harmonis. Lihatlah pohon, daun, tanah dan langitdi saat pagi hingga malam. Karena kita terbiasa dengan alam tersebut maka mata kita tidak akan mengatakan "kacau". Sehingga tidak ada warna hue yang "bertabrakan" di alam. Allah maha besar!.
12. Warna yang tidak biasa/tidak natural seperti: cyan, magenta, ungu dapat dipakai untuk 'mengejutkan' audience. Tetapi jika terlalu banyak kejutan, karya anda akan kehilangan informasi yang ingin disampaikan.
13. Di software seperti Coreldraw dan Adobe Photoshop, ada fasilitas untuk mengembil warna dari gambar yaitu Color Picker. Dengan tool ini anda dapat mengambil sample warna dari foto digital yang anda anggap baik. Sehingga desain anda dapat mengikuti warna yang sudah dianggap baik tersebut.
14. Mencampur warna dengan tool Blend Tool di Coreldrae atau Gradient Tool di Photoshop akan menghasilkan warna baru. Dengan menu Edit --> Copy Properties From.. , anda dapat memilih warna pada salah satu warna di objek blend tersebut. Dengan modal "Blend tool" dan "Copy Properties From...." saja, anda dapat membuat desain dengan warna sulit (yang berasal dari 2 warna hijau dan orange) yang cocok satu sama lain.
15. Banyak sekali bahkan jutaan warna yang bisa anda pilih di dunia ini. Oleh karena itu sering-seringlah menyimpan/save warna baru yang belum ada di palet warna software grafis, sehingga koleksi warna anda semakin kaya.
16. Experimen! Warna di media elektronik dan cetak mempunyai masalah yang berbeda. Belum lagi teknologi komputer dengan digital printingnya yang mampu menampilkan warna spotlight/nyala, yang terdiri dari 8 campuran warna (bandingkan dengan CMYK yang hanya 4 warna.
Sumber: Buku Tips & Trik Computer Graphics Design, Hendi Hendratman, ST