Buscar

Page

Prinsip Semiotic untuk Desainer Grafis

Semiotics (semiotik) atau semiology adalah ilmu tentang tanda-tanda atau simbol. Semiotik bisa dikatakan sebagai ilmu untuk memahami konteks secara umum yang berlaku di masyarakat yang akan menjadi target kita. Kata semiotik berasal dari bahasa Yunani, yaitu sema yang berarti tanda. Sementara istilah semeiotikos berarti penafsiran tanda-tanda. Di Yunani, medicine semiotics, atau minat pada yang disebut sebagai tanda-tanda diagnosis, merupakan salah satu dari tiga cabang ilmu kedokteran.

http://fikomuntarkapsel.blogspot.com

Para filsuf banyak sekali memberi perhatian kepada semiotics. Di abad pertengahan, sejumlah sarjana meneliti teori yang meliputi banyak hal tentang tanda-tanda yang dikenal sebagai "scientia sermocinalis", yang terdiri dari:
  • Tata bahasa
  • Logika
  • rhetoric/kecakapan berbicara

Semiotic dari Kacamata Desain Grafis
Semiotic, dilihat dari kaca mata dunia Desain Grafis, adalah ilmu komunikasi yang berkenaan dengan pengertian tanda-tanda/simbol/isyarat serta penerapannya. Suatu studi tentang pemaknaan semiotic menyangkut aspek-aspek budaya, adat istiadat, atau kebiasaan di masyarakat.

Semiotik dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
  1. Semantik, berkenaan dengan makna dan konspe
  2. Pragmatik, berkenaan dengan teknis dan praktis
  3. Sintaktik, berkenaan dengan keterpaduan dan keseragaman.

Sumber: Buku PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, Adi Kusrianto, penerbit ANDI

tweet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...