Buscar

Page

Mengenal Arubaito

Arubaito (アルバイト) berasal dari bahasa jerman (arbeit) yang artinya bekerja. Orang Jepang menyebut arubaito untuk suatu pekerjaan yang sifatnya sampingan atau kita biasa sebut part timer. Hampir semua orang jepang dewasa bisa dikatakan pernah melakukan arubaito ini. Terutama biasanya pas masa-masa SMA ataupun masa kuliah diperguruan tinggi. Ada kelebihan dan kekurangannya kerja arubaito ini. Kelebihannya : ridak terlalu terikat dan sedikit longgar dibandingkan pekerja biasa, jam kerja biasanya masih bisa tawar menawar. Kekurangannya, para arubaito’ers ini tidak dapat hak sebagaimana sebagaimana pekerja biasa, contohnya : tidak ada tunjangan asuransi atau upahnya lebih murah dll.


Upah arubaito ini bermacam-macam tergantung jenis perkerjaannya. Tapi secara umum kalau di kota-kota besar untuk pekerjaan seperti di convenient store, supermarket atau restoran kisarannya antara 800-950 yen per jam.
Berikut pekerjaan-pekerjaan yang biasanya sering dilakukan oleh orang-orang asing yang berada di Jepang yang berstatus pelajar.

1. Restoran
Pekerjaannya bisa macam-macam, mulai dari tukang cuci piring saja, bantu-bantu memasak, ngambil order dari pelanggan sampai menyuguhkan makanan. Kisara gaji biasanya sekitar 750-850 yen perjam.

2. Convenient store
Pekerjaannya lumayan banyak, mulai dari kashir, memasukkan barang ke rak sampai beres-beres dan bersih-bersih. Gaji sekitar 750 yen/jam. Kalau shift malem bisa sampai 1000 yen perjam.

3. Super market
Kurang lebih pekerjaannya sama seperti di convenient store. Cuma biasanya angkat barangnya lebih banyak kalau cowok. Gaji sktr 750-850 yen/jam

4. Pabrik/Industri kecil
Nah kalo yang ini bisa macam-macam kerjaannya. Tergantung pabriknya sendiri (工場) bikin apa. Industri kecil disini maksudnya, pabrik-pabrik kecil yang membuat/mengerjakan barang2 milik perusahaan besar, toyota mobil misalnya. Pabrik ini hanya memproduksi misalanya host/pipa saluran air pada wiper. Nah kerjaan yang suka dikerjakan untuk arubaito misalanya hanya memotong, atau menempelkan selotip pada tiap ptoongan host atau menambahkan klip pada ujung host tsb. Kerjaannya relatif gampang. Gaji bervariasi mulai dari 700 sampe 1000 yen perjam. Perusahaan spt ini biasanya menyediakan jam kerja panjang, dan kita boleh mengambil sepanjang yang kita mau ;)

5. Kantor Pos
Kerjaannya sifatnya musiman, biasanya ada di bulan desember sampai januari. Pada bulan-bulan ini kantor pos sibuk sekali, karena lalulintas surat dan kartu ucapan selamat tahun baru melonjak berlipat-lipat. Untuk itu pos di jepang memperkerjakan banyak orang sebgai tambahan untuk mencover kerjaan yang membludak itu. Kerjaanannya relatif gampang, hanya memnyortir kartu/surat berdasarkan alamat. Bisa baca kanji menjadi suatu keharusan. Gaji-nya agak murah mulai dari 680 sampai 780 yen/jam.

6. Translator/tourist guide
Kerjaannya agak jarang dan biasanya hanya karena ada kenalan atau hanya berita dari mulut ke mulut misalnya karena pernah ada teman yang melakukan arbaito ini sebelumnya. Bayarannya bisa besar. Seorang teman pernah mengatakan bahwa dia pernah menjadi guide selama kurang lebih 10 hari dan dibayar sktr 200 ribu yen ;)

7. Mengajar bahasa
Yang ini ni favorite, soalnya disamping pekerjannya gampang, bayarannya tinggi ;) , soalnya kerjaan yang begini, termasuk pekerjaan profesional dan keahlian jadi bayarannya lebih mahal, tidak sperti yang lainnya, boleh dibilang kasar :) . Gaji mulai dari 2000 sampai 6500 yen/perjam

9. Loper koran
Pekerjaannya gampang, tapi kadang-kadang berat. Biasanya kisarannya sehari sktr 1 jam, pagi-pagi sekitar jam 4-5 . Kerjaannya hanya mengantarkan koran ke rumah-rumah. Gaji-nya biasanya fix perbulan jadi bukan hitungan perjam. Biasanya berkisar antara 50 ribu sampai 70 ribu yen/bulan tergantung banyaknya koran dan perusahaan korannya sendiri

10. Kerja musiman (musim panas/musim dingin/musim buah-buahan)
Untuk daerah-daerah penghasil buah-buahan seperti Yamanashi prefecture, banyak kerjaan yang sifatnya musiman spt ini. Misalnya kalau musim panas, adalah musimnya buah peach. Untuk memetik dan pembungkusan membutuhkan orang sangat banyak bisa mencapai ratusan orang dalam satu kebon/perusahaan dalam sekali musim. Biasanya ibu-ibu sangat tertarik ama arubaito yg satu ini, soalnya tiap hari pulang bisa bawa oleh-oleh buah :D . Begitupun buah-buah yang lainnya pada musim yang lain, anggur, strwaberry dll. Bayarannya sekitar 800 sampai 950 yen/jam.

Masih banyak sebetulnya jenis-jenis arubaito yang biasa dilakukan oleh para pelajar yang berada di jepang, yang jelas arubaito ini omoshiroi (menarik), spertinya para pelajar Indonesia yang ada di Jepang pada pernah ngelakuin yang namanya arubaito ini, arubaito di lab kampus sekalipun. Bahkan seorang teman mengatakan,” Gak lengkap kayaknya kalo belajar di Jepang terus gak baito”. Padahal teman saya ini penerima beasiswa monbukagakusho itu lho!:)


Sumber: http://agustian.wordpress.com/2008/09/30/arubaito-kerja-part-time/

tweet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...