Buscar

Page

Artis Korea yang Dianggap Anti Jepang

Kontroversi pertikaian wilayah antara Korea dan Jepang ternyata juga berimbas ke dunia entertainment. Dokdo atau Takeshima dalam bahasa Jepang, adalah kepulauan berbatu yang terletak antara Korea Selatan dan Jepang.

Meski Korea Selatan telah membangun post penjaga pantai di pulau tersebut sejak tahun 1952, dan saat ini ada detasemen kepolisian, tenaga administrasi dan personel untuk mengoperasikan mercusuar, Jepang masih mengklaim Dokdo berada di wilayah mereka. 

Situasi politik antara kedua negara kerap memanas akibat komentar mengenai wilayah tersebut. Meski demikian, beberapa bintang top Korea memberikan suara mereka  dan menyebut Dokdo sebagai tanah Korea.

Jepang sendiri saat ini merupakan salah satu market terbesar dari K-Pop. Dengan komentar mengenai wilayah Dokdo, sebagian media lokal Jepang lantas menyebut para bintang tersebut sebagai Anti Jepang dan seolah berusaha merusak citra baik idol tersebut di mata penggemar Jepang.

Siapa saja mereka? Berikut beberapa bintang Korea yang sempat terlibat kontroversi akibat komentar mengenai pulau Dokdo/Takeshima. 


1. Choi Siwon


Choi Siwon mendapat label tersebut karena tweet 'Dokdo adalah pulau kami'. Itu merupakan kelanjutan dari retweet dari Blue House pada tanggal 10 Agustus. 
'Dokdo adalah wilayah kami yang sesungguhnya, itu merupakan wilayah dengan nilai yang harus kami lindungi dengan hidup kami. Mari lindungi Dokdo dengan kebanggaan - di Dokdo'.


2. Song Il Gook


Song Il Gook terlibat event untuk berenang menuju Dokdo di hari kemerdekaan Korea pada tanggal 15 Agustus. Hal itu merupakan bentuk dukungannya untuk negara.
Namun pasca event tersebut, drama yang ia bintangi di Jepang tidak ditayangkan dan pemerintah Jepang melarangnya memasuki negeri tersebut.


3. Girls Generation


Meski penggemarnya cukup besar di Jepang, Girls Generation beberapa waktu ini sempat tidak mendapat sambutan positif.
Hal ini terutama karena propaganda akan berita lawas lagu Dokdo adalah Tanah Kami, yang merupakan lagu populer di Korea dan dinyanyikan SNSD dalam latihan Dream Concert 2008.


4. Kim Tae Hee


Kim Tae Hee merupakan salah satu selebriti yang paling banyak dihujat warga Jepang karena posisinya sebagai duta dari Dokdo Loving Campaign pada tahun 2005. 
Selain itu Kim Tae Hee pernah memakai kaos yang bertuliskan Dokdo is Our Land dan memanaskan kontroversi perebutan wilayah tersebut.

5. B2ST


 
B2ST pernah berkata bahwa Dokdo adalah wilayah Korea dalam salah satu event di Los Angeles pada tahun 2010. Pasca event tersebut mereka lantas masuk dalam top 10 selebriti yang dianggap anti Jepang oleh media di negeri Sakura.

6. Kim Janghoon


Kim Jang Hoon juga ambil bagian dalam even berenang menuju Dokdo pada tanggal 15 Agustus. Musisi ini juga merupakan sosok di balik iklan Dokdo Adalah Wilayah Korea yang muncul begitu besar di Times Square.

7. Song Joong Ki

   
 Song Joong Ki sempat kedapatan membahas Dokdo adalah wilayah Korea di salah satu server, ketika aktor tersebut tinggal di Jepang. Selain itu Song Jong Ki juga menyebut Kimchi (makanan Korea) sebagai Kimchi bukan Kimuchi (cara menyebut makanan tersebut di Jepang). 

8. U Kiss



U-Kiss juga masuk list yang sama. Boyband tersebut sempat menulis klaim Dokdo berada di wilayah teritori Korea melalui twitter pada tahun 2011 silam.
Para bintang tersebut disebut sebagai anti Jepang tanpa adanya pembuktian yang kuat apakah mereka benar-benar anti terhadap hal-hal yang berhubungan dengan Jepang.
Banyak dari para bintang K-Pop tersebut masih melakukan promosi di Jepang meski cap anti telah muncul. Tampaknya anggapan sebagai anti Jepang tersebut lebih bersifat politis karena isu yang sensitif, daripada suatu kebenaran yang digali lebih dalam oleh media Jepang.

 Sumber:
  (soompi.com/sjw)
http://microsite.kapanlagi.com/k-pop/berita/8-selebriti-korea-yang-dianggap-anti-jepang-b26728-8.html 

 

tweet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...