Buscar

Page

Musik-musik Indonesia yang Mirip dengan Kpop/Jpop

Beberapa tahun belakangan ini, musik Asia tidak hanya didominasi oleh musik Jepang, namun musik Korea Selatan atau yang disebut dengan K-Pop mulai menunjukkan 'kekuasaan' mereka di berbagai kawasan di dunia ini.


Indonesia pun tak luput dengan 'serangan' virus K-Pop, sebut saja idol grup semacam Super Junior, TVXQ, Big Bang, Girls Generation, 2NE1, 2PM, Wonder Girls menjadi idola baru di kalangan penggemar musik Indonesia.

Musik K-Pop disebut sebagai salah satu musik dengan irama dinamis, dan karena popularitas mereka itu ada beberapa hal yang membuat banyak musisi Indonesia terinspirasi. Namun inspirasi yang terlalu berlebihan kadang disinyalir sebagai bentuk plagiat.

Kira-kira siapa ya 10 musisi Indonesia yang memiliki karya mirip dengan artis K-Pop? Apapun yang terjadi, kita harus tetap mencintai dan mendukung musik Indonesia ya! Maju terus musik Indonesia!

10. Berryz Koubou - Super Girlies

KapanLagi.com - Bukan termasuk musik K-Pop, namun nama Berryz Koubou masuk dalam jajaran idol grup asli Jepang yang digemari oleh penggemar K-Pop. Dan sudah menjadi kebiasaan jika penggemar girlband J-Pop sebagian besar juga menyukai konsep girlband K-Pop.
Berryz Koubou adalah idol grup Jepang dengan member 7 orang dan mereka adalah bagian dari Hello! Project yang dibentuk pada tahun 2004. Dan kali ini yang diduga memiliki karya mirip dengan Berryz Koubou adalah girlband Super Girlies yang mulai naik pamor pada tahun 2011.
Salah satu lagu Super Girlies yang diduga mirip adalah berjudul Malu-Malu Mau yang dirilis pada 23 Agustus 2011 dan memiliki kesamaan dengan lagu Rival milik Berryz Koubou yang dirilis pada 3 Juni 2009.

 

 

9. 2NE1 - Ayu Ting Ting

Mengaku menyukai musik K-Pop semenjak awal kemunculannya, membuat pedangdut cantik Ayu Ting Ting mendapatkan perhatian lebih dari penggemar K-Pop.
Dan dari alasan kagum atas karya musisi K-Pop, Ayu sepertinya terinspirasi sehingga membuat sebuah video yang memiliki beberapa bentuk kemiripan dengan MV artis K-Pop.
Yang paling ramai menjadi bahan perbincangan mungkin adalah video klip Ayu yang berjudul Sik Asik dirilis pada Desember 2011 memiliki kemiripan dengan MV I'm the Best milik girlband 2NE1. Disebutkan Ayu memakai ornamen, kostum bahkan tata rambut yang hampir mirip dengan tampilan 2NE1, hmmm mungkinkah memang terinspirasi? yang dirilis pada Juli 2011 sebelumnya



8. After School Blue - Princess

Princess adalah girlband yang dibentuk sekaligus diproduseri oleh keyboardist band Vierra, Kevin Aprillio. Dan suatu ketika ditanya apakah Kevin menyukai musik K-Pop, putra sulung musisi Addie MS - Memes ini dengan jujur mengagumi girlband After School.
Mungkin lantaran kekaguman itulah, Kevin akhirnya merasa begitu terinspirasi. Beberapa penggemar musik K-Pop menyadari bahwa lagu Princess yang berjudul Jangan Pergi dan dirilis pada November 2011 memiliki kemiripan dengan lagu milik After School.
Tepatnya lagu itu memiliki kesamaan di beberapa nada dan irama dengan lagu sub unit girlband After School yakni After School Blue yang berjudul Wonder Boy yang dirilis pada Juli 2011 lalu. Hmm, apakah menurut kalian mirip?



7. Wonder Girls - 5 Bidadari

Meski mengusung musik dangdut, sepertinya girlband 5 Bidadari tetap memberikan kesan modern dalam setiap karya mereka, seperti salah satunya adalah konsep video klip mereka.
Yang paling membuat penggemar K-Pop terutama penggemar girlband Wonder Girls begitu berkomentar sinis adalah konsep video klip 5 Bidadari yang berjudul Aku atau Dia yang dirilis Oktober 2011 memiliki kemiripan dengan MV Nobody milik Wonder Girls yang sudah dirilis pada tahun 2008 silam.
Sempat ditanyakan kepada pihak 5 Bidadari, mereka memang mengaku terinspirasi dengan Wonder Girls. Namun bukankah jika terlalu mirip mereka bisa disebut sebagai plagiat? Hmm, semoga memang benar karena terinspirasi.




6. FT Island - Joker

Dan kini tudingan memiliki karya yang mirip dengan artis K-Pop menerpa grup band Joker, salah satu band asal Indonesia. Dan sepertinya Joker menjadi bahan kritikan Primadonna (fans FT Island).
Salah satu video klip Joker berjudul Cinta Sebenarnya, dirilis pada April 2011. Lagu dengan irama pop asli Indonesia itu memang merdu, namun berita buruk justru menerpa ketika video klip lagu itu tampak begitu mirip dengan milik FT Island.
Karya FT Island yang didupa ditiru oleh Joker adalah MV berjudul Love Love Love yang sudah dirilis pada Agustus 2010 dan merupakan salah satu lagu terbaik FT Island. Nah, kira-kira apa pendapat Joker soal itu ya?



5. Teen Top - Mr. Bee

Kembali ke jajaran boyband, kali ini yang menjadi 'sasaran' kritikan dari penggemar K-Pop adalah lagu milik boyband yang berada di bawah naungan Nagaswara yakni Mr. BEE.
Boyband yang dibentuk pada awal tahun 2011 ini merilis sebuah lagu berjudul Let Me Go di bulan Maret 2011 yang diciptakan oleh Risna Ories. Dan lagu Let Me Go itu memiliki kemiripan dengan lagu Clap milik boyband Teen Top.
Lagu Clap sendiri adalah dalam album debut Teen Top bertajuk COME INTO THE WORLD yang dirilis pada 9 Juli 2010. Apakah sangat mirip menurut kalian?





4. 2PM - Sixmix

Memiliki kasus sama dengan boyband Mr. BEE, Sixmix juga terkena kritikan karena lagu mereka yang begitu mirip dengan lagu milik boyband K-Pop yakni 2PM.
Sixmix yang bisa dibilang masih baru akan memulai karir bermusik mereka di industri musik pop Indonesia merilis lagu berjudul Angela yang dirilis pada Maret 2011. Belum membuat video klip untuk lagu itu, Angela sudah menjadi 'sasaran' Hottest (fans 2PM).
Disebutkan bahwa lagu 2PM yang berjudul Fly to Seoul dan dirilis pada September 2010 memiliki kemiripan dengan lagu Sixmix tersebut. Mungkin karena isu tersebut, Sixmix seakan menahan debut mereka di industri musik I-Pop.



3. Super Junior - Super 9 Boyz

Nama Super Junior bagi penggemar K-Pop dianggap sebagai salah artis K-Pop yang memiliki popularitas global. Tidak heran jika Super Junior adalah salah satu penyebab semakin meluasnya gelombang Hallyu Wave di dunia.
Boyband Indonesia, Super 9 Boyz sudah sejak jauh-jauh hari mengaku bahwa mereka termasuk ELF, alias penggemar Super Junior. Dan kekaguman itu sepertinya membuat Super 9 Boyz terinspirasi.
Salah satu video klip Super 9 Boyz yang berjudul ACDC yang dirilis pada Juli 2011 diduga memiliki kemiripan konsep dengan MV Bonamana yang rilis pada Mei 2010 milik Super Junior. Apa pendapat kalian ELF? Mungkinkah ini bentuk inspirasi?



2. Girls Generation - Cherry Belle

Girlband Cherry Belle adalah salah satu girlband papan atas Indonesia yang membuat gema musik berkonsep boyband dan girlband semakin ramai di Indonesia.
Diisi oleh 9 gadis cantik, awal mula kehadiran Cherry Belle sudah menarik perhatian SONE (fans Girls Generation) karena mereka memiliki konsep musik dan penampilan mirip dengan Girls Generation.
Lagu Cherry Belle berjudul Best Friends Forever yang dirilis pada tahun 2011 silam dianggap begitu mirip dengan irama lagu debut Girls Generation yang berjudul Kissing You dan sudah dirilis pada Januari 2008 silam.
Cherry Belle juga sempat mendapatkan kritikan ketika tampil membawakan lagu Beautiful dalam Samudera Karya ANTV pada Maret 2012 dianggap memiliki kemiripan dengan tampilan Girls Generation membawakan lagu The Boys dalam KBS Special Stage, Desember 2011 dan video klip mereka, Dilema yang dirilis Juni 2011 dianggap berkonsep serupa dengan MV berjudul Gee yang dirilis Juni 2009. Silahkan menilai dan bertanyalah pada pemilik konsep penampilan mereka. Menurut sumber lain mengatakan bahwa pada awalnya cherry belle merupakan bentuk parodi dari   SNSD.

1. Irama Lagu




 2. Konsep Video Klip



 3. Penampilan Panggung



1. Super Junior - SMASH

Isu plagiat alias kemiripan karya yang paling heboh mungkin dialami oleh boyband SMASH. Boyband paling populer di Indonesia ini memang yang membuat menjamurnya boyband di tanah air.
Terkenal dengan lagu I Heart You yang rilis pada Oktober 2010 silam, SMASH meraih pro kontra dengan jumlah yang sama besarnya. Selain gaya penampilan, kostum, dan konsep MV yang mirip dengan Super Junior berjudul No Other yang rilis pada Juli 2010, serta Sorry Sorry yang rilis Juni 2009. lagu I Heart You juga tidak luput dari kritikan.
Lagu itu diduga memiliki irama yang mirip dengan intro lagu Midnight Fantasy milik Super JuniorWithout You milik boyband YG Entertainment, 1TYM yang dirilis pada November 2003. yang rilis pada September 2007 dan beberapa irama dari lagu
Tidak hanya itu, SMASH bahkan sempat ramai dibicarakan karena ketika membawakan lagu Senyum Semangat dalam event Samudera Karya ANTV pada Maret 2012 memiliki konsep yang mirip dengan penampilan Super Junior di Mnet Music Asia Awards pada November 2011 lalu.



 1. Irama Lagu



 2. Konsep Video Klip





 3. Penampilan Panggung

 



 Entah siapa pihak yang membuat beberapa karya mirip ini, kita hanya berharap bahwa musik Indonesia akan memiliki kemajuan yang begitu pesat. Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga, dan sebagai penggemar budaya K-Pop kita harus menghormati apapun bentuk inspirasi mereka. Ya, semoga ke depannya ipop Indonesia membuat karya yang lebih baik lagi. Tidak hanya bermodal pas-pasan *maaf kalo tersinggung* tapi yang lebih berkualitas. Jika memang mempunyai kekurangan di suara ya mungkin lebih di mainkan lagunya supaya lebih keren. terus tariannya Bukankah Kpop juga begitu? (walaupun banyak juga yang suaranya bagus2... tapi mungkin tarian kurang, atau suara bagus tarian dan musiknya diatur jadi kelihatan lebih keren) 
Tergantung pemilihan lagunya juga sih, ya semoga para pencipta lagu lebih kreatif dan serius lagi menggarap lagu-lagu buat para boyband dan girlband kita. Juga buat para industri musik, tolonglah jangan hanya memikirkan sebuah keuntungan yang didapat melainkan sebuah kualitas juga. Tentunya juga kita bangga  akan musik Indonesia. Kalo sekarang ane masih no comment lah.. hahaha XD maaf, just my opinion.

 Sumber: http://microsite.kapanlagi.com/

tweet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...