Buscar

Page

Inilah Aksi Para Cosplayer dari Negara Asalnya


Nagoya - World Cosplay Summit (WCS) kembali digelar tahun 2012 ini di Oasis 21, Nagoya, Jepang. Salah satu kompetisi terbesar di dunia itu mempertemukan cosplayer dari berbagai negara.

Ya, Jepang merupakan negeri asal Cosplay. Pagelaran yang ke-10 ini pun diikuti ratusan pecinta karakter anime dan manga dari 20 negara seperti Jepang, Korea Selatan, Prancis, Amerika Serikat, Brasil dan banyak lagi.

Nah, untuk WSC 2012 ini, Indonesia mengirimkan tim untuk pertama kalinya yang diwakili oleh Rizki Karismana dan Yesaya Marito.


Acara yang digelar Sabtu 4 Agustus 2012 lalu itu menempatkan tim Indonesia sebagai juara ke-3. Keduanya menggunakan kostum dari serial Patlabor Mobile Police.

WSC sendiri merupakan bagian event salah satu stasiun TV di Jepang, TV Aichi. Kompetisi ini mendapatkan dukungan dari berbagai kementerian di negeri Sakura tersebut sebagai upaya memperkenalkan budaya pop Jepang ke dunia.

Ingin tahu seperti apa aksi para cosplayer di WSC 2012 ini? Simak foto-foto berikut yang berhasil diabadikan oleh kontributor detikINET, Tsutomu Gabriel Komori dari Super-Elements Inc langsung dari Nagoya!


Cosplayer Tuan Rumah


Walau tidak diketahui berapa jumlah pasti peserta yang mengikuti ajang World Cosplayer Summit tahun ini, namun yang pasti terjadi penambahan jumlah peserta dari negara di luar Jepang.

Kostum yang ditampilkan pun dari karakter yang beragam mulai dari anime, manga hingga tokoh game. Semuanya berlomba-lomba menampilkan cosplay yang terbaik dan sedetail mungkin.


Keterangan foto: Aksi Cosplayer tuan rumah.

Beraksi di Panggung


Tidak hanya membuat kostum sebagus mungkin, peserta pun diberi kesempatan untuk memamerkan kemampuannya di atas panggung selama 2 menit 30 detik. Mereka harus bisa memikat juri yang terdiri dari berbagai latar belakang industri anime di Jepang.

Ada tiga kategori yang dinilai saat menentukan pemenang seperti kostum, keaslian jalan cerita di panggung, dan poin 'like' dari penonton.

Keterangan foto: Aksi Cosplayer Jepang lainnya.

Ganbantte Kudasai


WCS tahun ini terbilang istimewa karena selain diliput salah satu TV terbesar di Jepang, ditampilkan pula sejumlah hiburan seperti parade jalan cosplayer dan hiburan musik.

Antusiasme juga dilihat dari peserta yang tak pernah patah semangat memamerkan hasil karyanya. Filosofi 'Ganbatte Kudasai' pula yang memacu tim cosplayer asal Indonesia semangat, bisa meraih juara ketiga.


Keterangan foto: Parade Cosplayer di jalan utama dari perwakilan seluruh negara peserta dan perwakilan tim Indonesia.

Juri Terkenal


Dua dari beberapa juri menilai aksi para peserta adalah, Toru Furuya. Selama ini Furuya dikenal sebagai Seiyuu -- dubber -- yang sangat terkenal dari karakter Omuro Ray dari serial Gundam.

Selain itu ada juga Sherly Nome yang merupakan penyanyi sekaligus Shiyuu dari serial anime Macross Frontier.

Keterangan foto: (ki-ka) Toru Furuya dan May setelah jumpa pers.

Inilah pemenangnya


Setelah melewati beberapa penjurian akhirnya ditentukan pemenang pada WCS 2012. Tim asal Jepang yang menggunakan kostum karakter Hokuoki menjadi juara pertama dan berhak mendapatkan uang senilai USD 1.200.

Berikut daftar pemenangnya:

  • Pemenang I: Japan Team (Shimotsuki Yukari dan Kaito) - Kostum: Hakuoki.
  • Pemenang 2: Singapore Team (Frank Koh dan Valerie)- Kostum: Sousei no Aquarion.
  • Pemenang 3: Indonesia Team (Yesaya Marito dan Rizki Karismana) Kostum: Patlabor Mobile Police.
  • Best Wig: Brazil Team (Bruno Lorandi Pabno dan Debora Guerra do Silva)-kostum: Tekken 6.


Keterangan foto: Pengumuman para pemenang di atas panggung serta Tsutomu Gabriel Komori yang bergaya dengan Rizki dan Yesaya dari tim Indonesia.

 Sumber:http://inet.detik.com/read/2012/08/07/150820/1985358/654/6/mengintip-aksi-cosplayer-di-negeri-asalnya

tweet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...