Dalam menggambar bentuk bentuk yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara menggambarnya. Walaupun sudah banyak macam kecanggihan teknologi yang dapat mempermudah menggambar dengan hasil yang bagus, namun tetap gambar sketsa lah yang paling mengena. Gambar sketsa lebih mempunyai makna yang dalam karena ada sentuhan perasaan di dalamnya. Kita ambil contoh lukisan, seorang pelukis bisa melukis dengan baik hanya dalam waktu sekali dn biasanya pelukis tersebut tidak bisa menggambar yang sama untuk kedua kalinya.Maka dari itu sketsa tangan ataupun lukisan yang dibuat oleh tangan harganya lebih mahal dan mendapat penghargaan yang lebih dibanding gambar dengan menggunakan komputer.
Untuk itu bagi yang belum bisa menggambar dengan tangan janganlah berkecil hati, karena sekali lagi saya sampaikan bahwa bakat itu hanya 1% sedangkan usaha 99%, jadi kalau kalian mempunyai tekad yang kuat untuk bisa menggambar maka janganlah berhenti untuk berusaha. Diperlukan latihan menggambar paling gak 5 kali dalam 1 hari untuk memperdalam sketsa tangan. Insya Allah jika kita berdoa dan ikhtiar semuanya akan berhasil. Dan juga kalian mesti banyak-banyak melihat referensi dari internet maupun karya-karya orang lain yang menurut kalian itu bagus. Mulai sekarang berpikirlah untuk melihat sebuah produk, kita pahami maksud dari produk yang dibuat tersebut sehingga kita lebih banyak mendaptkan ilmu.
Terdapat unsur-unsur dalam menggambar bentuk, yaitu :
1. Garis, Shape (seperti bidang), Volume (seperti bentuk 3D), dan Ruang
Garis sendiri merupakan kumpulan dari beberapa titik yang kemudian membentuk sebuah garis.
Ada beberapa macam garis, antara lain :
- Garis lurus
- Garis Lengkung
- Garis Putus-putus
- Garis acak
2. Perspektif
Perspektif adalah cara titik pandang kita dari arah tertentu. Perspektif sendiri dibagi 3, yaitu :
- Perspektif 1 titik hilang
- Perspektif 2 titik hilang
- Perspektif 3 titik hilang
3. Cahaya
Cahaya sangat penting pada obyek gamabar karena dengan adanya cahaya kita bisa melihat sisi gelap terang suatu benda. Untuk mengetahui bayangan yang kita dapat adalah dengan melihat dari mana cahaya (matahari) ini berasal. Selain melihat dari arah cahaya kita juga mesti belajar cari referensi lain tentang ini.
4. Tekstur
Tekstur digunakan sebagai pembeda antara objek gambar satu dengan yang lain dimana ini dilihat dari teknik pengarsiran. Semakin halus maka objek yang digambarkan melembut, sedangkan semakin kasar maka objek gambar yang terlihat seperti keras. Contohnya : bebatuan.
Ada beberapa teknik mengarsir, yaitu :
- Arsir searah
- Arsir Silang
- Arsir Acak
- Arsir Gradasi
5. Anatomi
Anatomi digunakan bisanya untuk menngambar yang lebih proporsional, untuk itu kita mesti banyak berlatih menggunakan ini agar gambar terlihat bagus.
6. Warna
Warna sangat penting dalam menggambar. Fungsi warna adalah sebagai berikut :
- Sebagai untuk menghidupkan sebuah gambar
- Dapat memperkecil sesuatu (ruangan, badan, dll) atau memperbesarnya
Penjelesan tentang warna akan dijelaskanada saat postingan selanjutnya, hehehe...
7. Komposisi
Komposisi digunakan sebagai keseimbangan desain.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)